aMSaL

BaGi DuNia KiTa HaNYaLaH SeSeoRaNG, BaGi SeSeoRaNG KiTaLaH DuNiaNYa

Minggu, 24 Juni 2012

AJARAN CALVINIS


Aliran atau denominasi Calvinis lebih sering disebut Reformed atau Presbyterian. Berbicara tentang Calvinisme atau aliran Calvinis, dengan sendirinya berbicara tentang John Calvin. Ia adalah seorang pemimpin gerakan reformasi gereja di Swiss. Calvin merupakan generasi kedua dalam jajaran pelopor dan pemimpin gerakan reformasi gereja abad ke-16, dengan peranan yang sangat besar dalam gereja-gereja reformatoris. Gereja-gereja yang mengikuti ajaran dan tata gereja seperti yang digariskan Calvin diberi nama Gereja CALVINIS.

Calvinisme mengajarkan tentang pembenaran hanya oleh Iman (Sola Fide) dengan  menekankan penyucian, kehidupan baru yang harus ditempuh oleh orang-orang Kristen yang bersyukur karena ALLAH telah menyelamatkan mereka. Calvin menegaskan bahwa anggota-anggota jemaat yang berkumpul untuk mendengarkan Firman Allah dan untuk ikut ambil bagian dalam Perjamuan Kudus haruslah suci. Mengenai jabatan-jabatan dalam gereja, Calvin mengenal empat jabatan yaitu Pengajar, Diaken, Penatua dan Pendeta. Pendeta-Pendeta bersama-sama dengan Penatua merupakan konsistori, yaitu majelis gereja yang memimpin jemaat dan menjalankan disiplin gereja. Peraturan pemilihan dan pentahbisan pejabat-pejabat gereja itu dengan teliti, terutama jabatan pendeta.

Mengenai Perjamuan Kudus, Calvin mengajarkan bahwa Perjamuan Kudus adalah pemberian ALLAH dan bukan perbuatan manusia. Roti dan Anggur bukan saja lambang, melainkan alat yang dipakai untuk memberikan tubuh dan darah Kristus kepada umat-Nya. Akan tetapi Kristus kini ada di surga. Roti dan Anggur tidak bisa dianggap sama saja dengan tubuh dan darah yang di dalam Kasih Tuhan Yesus dalam Yesus Kristus. Calvin membedakan tanda dengan apa yang ditandakan oleh tanda itu. Calvin menjelaskan sebagai berikut : “Sebagaimana orang yang percaya itu sungguh-sungguh menerima tanda-tanda itu dengan mulutnya, demikianlah Kristus yang di Surga”. Dalam pelaksanaan Perjamuan Kudus, Calvin sangat teliti.

Predestinasi yaitu bahwa sejak kekal ALLAH di dalam diri-Nya sendiri telah menetapkan orang-orang mana yang diberi-Nya keselamatan dan yang mana yang dibinasakan. Orang-orang yang dipilih TUHAN itu diberi Anugerah dengan Cuma-Cuma sedangkan orang-orang yang ditolak, ALLAH menutup jalan masuk ke dalam kehidupan. Hal ini sungguh sulit dipahami. Tanda-tanda bahwa seseorang ditetapkan ALLAH untuk kehidupan yang kekal ialah bahwa mereka dipanggil oleh ALLAH dan mereka menerima pembenaran dari ALLAH.

TRADISI
Calvinisme terkenal sangat keras. Tradisi yang dilaksanakan ialah Perjamuan Kudus yang diadakan tiga bulan sekali dan berhubungan dengan itu maka dijalankan disiplin yang keras. Puji-Pujian dinyanyikan dengan Mazmur. Seorang Perempuan tidak diperbolehkan memiliki jabatan khusus dalam gereja.

KONFESI
Yaitu Pengakuan Iman ada dua, yakni Pengakuan Iman Internasional dan Pengakuan Iman Nasional. Pengakuan Iman Internasional seperti: Pengakuan Iman Athanasius (PIA), Pengakuan Iman Rasuli (PIR), Pengakuan Iman Nicea Konstantinopel (PIN). Pengakuan Iman Nasional seperti : Pengakuan Iman Gereja Belanda (PIGB), Katekismus Heidelberg dan pasal-pasal Ajaran Dordrecht.

Tidak ada komentar:

Kata kata

Cintailah seseorang sepenuhnya, termasuk kekurangannya, dan suatu saat kamu akan pantas mendapatkan yang terbaik darinya.

SESUATU YANG BERHARGA

Terkadang, Tuhan menghilangkan sesuatu yang sangat berarti dari genggamanmu, agar kamu menyadari kesalahan dan berubah menjadi lebih baik.