aMSaL

BaGi DuNia KiTa HaNYaLaH SeSeoRaNG, BaGi SeSeoRaNG KiTaLaH DuNiaNYa

Minggu, 23 Desember 2012

JADILAH PEMIMPIN DEMI KRISTUS


Dua belas tahun telah berlalu sejak edisi pertama buku ini diterbitkan. Dalam kurun waktu tersebut, kalau ada fenomena kepemimpinan yang polanya semakin menguat, fenomena tersebut adalah rentetan kejatuhan puluhan pemimpin puncak organisasi raksasa baik dalam bisnis, pemerintahan, maupun gereja. Tentu ada ratusan lagi pemimpin organisasi skala kecil yang kejatuhannya tidak sempat kita ikuti karena tidak masuk koran, televisi, atau internet.
Kuasa dan uang telah membutakan ambisi para pemimpin ini. Mereka memanipulasi posisi dan pengaruh mereka untuk ambisi menjadi lebih sukses, lebih kaya, lebih populer, lebih dihormati. Karena ambisi tersebut, para pemimpin ini bukannya melayani orang lain dan mengorbankan diri sendiri, tetapi melayani diri sendiri dan mengorbankan orang  lain. Orang-orang yang dipimpin mereka dijadikan kambing hitam, sapi perahan, ayam potong. Dengan kata lain, diperlakukan tidak manusiawi.
Dunia membutuhkan pemimpin yang berambisi. Namun ambisi yang telah diubahkan dan dikuduskan. Edisi kedua buku ini berisi tambahan beberapa artikel baru yang dapat menjadi sahabat anda untuk menyelidiki apa yang ada dalam hati anda. Atau kalau  anda belum menjadi pemimpin, ia bisa menjadi semacam mentor untuk anda; menghitung-hitung harga yang harus anda bayar sebagai pemimpin.
Awalnya buku ini adalah kumpulan artikel kolom kepemimpinan yang tentunya tidak ditulis sesuai dengan format buku. Pihak penerbit lalu mengusulkan untuk mengemasnya dalam bentuk buku dan beberapa rekan penulis memberi dorongan yang sama. Ada cukup banyak artikel yang penulis tambahkan secara khusus untuk memperkaya isi buku ini. Hanya karena kemurahan Tuhan akhirnya buku ini dapat diterbitkan.
Satiap artikel berfokus kepada satu aspek kepemimpinan yang menurut sang penulis pikir esensial untuk dimengerti dan diaplikasikan. Namun ada sebuah benang menrah yang lahir dari sebuah konfeksi pribadi, yaitu bahwa berbagai problem yang kompleks dan akut dalam berbagai jenis organisasi bermuara pada absenya kepemimpinan yang berlandaskan Alkitab. Tidak peduli itu organisasi bisnis, pemerintahan, pendidikan, kemanusiaa, maupun gereja. Penulis yakin prinsip-prinsip kepemimpinan biblikal bersifat universal dan relevan dalam  berbagai konteks kontemporer  di era pasca modern ini. Bahkan banyak perusahaan multinasional yang sukses di dunia ini tanpa sadar sedang menerapkan prinsip dan poloa yang berasal dari Alkitab.
Kepemimpinan yang sehat dan efektif adalah kepemimpinan yang Biblikal. Konfeksi ini telah lama muncul dan mengalami proses pengujian dalam diri penulis lebih dari 10 tahun. Observasi dan riset ilmiah yang dilakukan semakin mengkristalisasi konfeksi tersebut. Semakin dekat prinsip, pola, dan praktik kepemimpinan sebuah organisasi kepada nilai-nilai alkitab, semakin besar kemungkinan prinsip, pola, dan praktik kepemimpinan tersebut menghasilkan sistem yang transparan (accountable) dan langsung (sustainable). Pengalaman riil penulis bekerja dan melayani di Universitas, perusahaan, gereja, dan para-gereja semakin meyakinkan penulis akan kebenaran hal tersebut.
Jalan kepemimpinan memang sangat sepi. Ada banyak keputusan yang harus anda ambil dan membuat anda tidak disukai orang lain. Kalau anda ingin disukai orang lain, maaf, mendingan anda menjadi badut sirkus. Kalau anda ingin menjadi pemimpin,  milikilah ambisi yang telah diubahkan karena, oleh, dan untuk Kristus.
Jadilah Pemimpin demi Kristus Yesus!
Edisi kedua diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh Literatur Perkantas, anggota Ikapi | No. Telp. 021 98216536 | Email : literatur.perkantas@ymail.com
Penyunting : Iwan Wibowo dan Yulius Tandyanto
Penata Aksara dan Perancang sampul : Marvin Ade Santoso
Cetakan Pertama : September 2012
Dr Sen Sandjaya adalah Senior Lecture in Leadership di Departement of Management, Monash University, Australia. Ia memperoleh Gelar PhD di bidang Servant Leadership dari Monash University di tahun 2005, dan terus menekuni bidang ini dalam kaitan dengan strategi, budaya, dan inovasi organisasi. Sen adalah pendiri dan Teaching Elder di Indonesia Christian Church, jemaat Indonesia dari Scots’ Presbyterian Church Melbourne (icc-melbourne.org).

Tidak ada komentar:

Kata kata

Cintailah seseorang sepenuhnya, termasuk kekurangannya, dan suatu saat kamu akan pantas mendapatkan yang terbaik darinya.

SESUATU YANG BERHARGA

Terkadang, Tuhan menghilangkan sesuatu yang sangat berarti dari genggamanmu, agar kamu menyadari kesalahan dan berubah menjadi lebih baik.