aMSaL

BaGi DuNia KiTa HaNYaLaH SeSeoRaNG, BaGi SeSeoRaNG KiTaLaH DuNiaNYa

Jumat, 15 Januari 2016

COOLING TOWER


Cooling Tower system digunakan untuk mendinginkan air pada proses industri, terdiri dari 1) Sistem Sirkulasi terbuka, 2) Sistem sekali pakai dan 3)Sistem sirkulasi tertutup.
Masalah Kualitas Air dalam sistem Cooling Tower
1.   Kerak/Scale
Kerak adalah terbentuknya endapan keras, biasanya dipermukaan yang panas, yang akan mengurangi efisiensi perpindahan panas. Endapan Calsium (baik dalam bentuk senyawa karbonat, Sulpat, phospat) adalah penyebab utama masalah kerakdi Cooling Tower. Endapan Magnesium (dalam bentuk senyawa karbonat) dan endapan silica juga dapat menyebabkan kerak, namun air pada umumnya mengandung sedikit silica.
Macam-Macam Kerak : Kerak Silica (PS 775B), Kerak Besi/CaMg (PS775), Kerak Phosphat  (PS 700)
CARA Mengatasinya :
Dengan mengendalikan pembentukan kerak calsium/Magnesium dengan menggunakan ion phospat/organic phosphat yang akan mendispersikan Calsium / Magnesium tersebut sehingga tidak menempel/mengendap pada sistem dan terbuang pada saat Slowdown.
2.   Korosi Logam
Kualitas air sangat mempengaruhi korosi logam, kandungan TDS dapat meningkatkan konduktivitas listrik dan mendorong terbentuknya korosi. Selain itu dissolved oksigen dan logam-logam seperti Mn, Fe, Al meningkatkan kemungkinan terjadinya korosi karena tingginya potensial oksidasi logam-logam tersebut.
Cara Mengatasinya
Dengan menambahkan bahan kimia pencegah korosi (Chemical Corrosion Inhibator) dengan cara melapisi permukaan logam yang ada dengan lapisan film sehingga tidak terjadinya korosi.
3.   Pertumbuhan Senyawa Biologis
Lingkungan yang hangat dan lembab didalam Cooling tower meruapakan kondisi yang ideal untuk pertumbuhan senyawa biologis. Nutrien temtama nitrogen  dan phospat semakin mendukung pertumbuhan senyawa biologis yang akan menempel dan mengendap dipermukaan alat perpindahan panas, mengakibatkan perpindahan panas dan aliran yang kurang sempurna.
Cara mengatasi
Dengan menambahkan desinfectan, biocide, dan penambahan scale inhibator.
4.   Pengendapan
Pengendapan di Cooling Tower dapat disebabkan oleh pertumbuhan senyawa biologis (mikroorganisme), suspended solid, korosi, atau endapan anorganik. Akibatnya  akan terjadi pengurangan efisiensi perpindahan di cooling tower.
Cara mengatasi
Dengan menambahkan desinfectan, biocide, dan penambahan senyawa biologis (mikroorganisme), sudpended solid, korosi, atau anorganik. Akibatnya akan terjadi pengurangan efisiensi perpindahan panas di Cooling Tower.

Tidak ada komentar:

Kata kata

Cintailah seseorang sepenuhnya, termasuk kekurangannya, dan suatu saat kamu akan pantas mendapatkan yang terbaik darinya.

SESUATU YANG BERHARGA

Terkadang, Tuhan menghilangkan sesuatu yang sangat berarti dari genggamanmu, agar kamu menyadari kesalahan dan berubah menjadi lebih baik.