aMSaL

BaGi DuNia KiTa HaNYaLaH SeSeoRaNG, BaGi SeSeoRaNG KiTaLaH DuNiaNYa

Jumat, 15 Januari 2016

BOILER



PENGOLAHAN AIR KETEL
Pengolahan air ketel dapat dilakukan dengan dua cara:
1.   Pengolahan diluar boiler (External Treatment), dilakukan secara mekanis dengan memberikan obat-obatan terhadap air sebelum air dimasukan ke dalam biler.
2.   Pengolahan di dalam boiler (Internal Treatment), berupa pemberian (dosis) obat-obatab (Chemical) langsung kedalam boler uap bersama-sama dengan air pengisi boiler sehingga reaksi-reaksi yang timbul dengan obat-obatan tadi terjadi didalam boiler pada suhu dan tekanan kerja boiler uap.
PERMASALAHAN YANG TERJADI PADA BOILER
1.   KERAK/SCALE
Kadar Calsium (Ca) maupun Mg (magnesium), Silica (SiO2) dapat menyebabkan terjadinya kerak atau scale dalam sistem boiler. Semakin tinggi suhu boiler makin rendah daya larut garam=garam tersebut yang menyebabkan   pembentukan kerak yang lebih cepat pada dinding pipa.
Masalah yang ditimbulkan oleh kerak:
Kerak merupakan lapisan yang mempunyai daya hantar panas yang rendah sekali, sehingga sangat mengurangi efisiensi boiler sampai dengan 10%, ini merupakan pemborosan bahan bakar. Selain itu terjadinya penyempitan dalam pipa sehingga dapat terjadinya keretakan akibat dari tekanan yang diberikan.
Cara mengatasi :
Dengan menggunakan PS 704 atau PS 705
PS 704 : dapat mengendalikan kerak,lumpur atau endapan logam dan juga sebagai anti foam sehingga kerak atau lumpur tersebut tidak mengendap dan larut dalam air (terjadinya On-line cleaning) sehingga akan ikut terbuang pada saat Blowdown.
PS 705 : sebagai bahan untuk mencegah terjadinya kerak dengan cara mengikat Ca dan Mg sehingga tidak menempel pada sistem perpipaan Boiler, selain itu juga sebagai pencegah korosi dengan cara melindungi pipa dengan membentuk lapisan sehingga tidak terjadi korosi.
2.   KOROSI
Korosi pada logam boiler pada dasarnya terutama terjadi karena reaksi logam dengan oksigen dan penyebab lain/factor yang mempercepat terjadinya korosi seperti tekanan, keadaan asam dan kadar Fe. Korosi timbul pada sistem air pengisi sebagai akibat pH air yang terlalu rendah yang disebabkan terlarutnya gas-gas O2 danCo2 didalam air.
Dalam sistem uap dan kondensat maka korosi biasanya sebagai hasil dari ontaminasi oleh Co2.
Masalah yang disebabkan oleh Korosi:
3.   KOROSI pada Sistem Kondensat
Disebabkan oleh kandungan Co2 yang terbaa oleh uap kedalam sistem Produk yang digunakan: PS 706 Kondensat inhibator meruapakan senyawa amina yang mudah menguap untuk menetralkan Co2 dan atau membentuk penghalang antara logam dan kondensat yang korosif

Tidak ada komentar:

Kata kata

Cintailah seseorang sepenuhnya, termasuk kekurangannya, dan suatu saat kamu akan pantas mendapatkan yang terbaik darinya.

SESUATU YANG BERHARGA

Terkadang, Tuhan menghilangkan sesuatu yang sangat berarti dari genggamanmu, agar kamu menyadari kesalahan dan berubah menjadi lebih baik.